Mengenal Remote Desktop Services:  Virtualisasi dan Remote Access untuk Tingkatkan Fleksibilitas Bisnis Anda

Remote Desktop Services sejatinya merupakan fitur dari Microsoft Windows Server yang memungkinkan penggunanya untuk mengakses desktop dan berbagai aplikasi dari jarak jauh.

Hingga saat ini, kegunaan Remote Desktop Services (RDS) masih diandalkan untuk kebutuhan akses desktop atau aplikasi yang lebih cepat dan tersedia selama 24/7. Apalagi software protokol ini sudah dilengkapi berbagai fitur yang memudahkan Anda untuk remote controlling desktop di mana pun dan kapan pun.

Pelajari lebih dalam apa itu RDS dan manfaatnya bagi bisnis Anda dalam artikel berikut.

Apa itu Remote Desktop Services (RDS)?

cara kerja remote desktop services
Cara Kerja Remote Desktop Services (RDS). Sumber: Microsoft.com

Remote Desktop Services (RDS) adalah platform solusi virtual untuk  menyediakan akses desktop seluler, akses jarak jauh yang aman serta memberikan end user kemampuan untuk menjalankan aplikasi dari jarak jauh.

Tim IT Anda dapat mengimplementasikan Remote Desktop Services untuk kemampuan berbagi ke beberapa pengguna lain untuk mengakses desktop dan aplikasi secara bersamaan pada satu Windows Server.

Infrastruktur Remote Desktop Service dapat diimplementasikan ke Windows Server termasuk RD Connection Broker, RD Gateway, RD Licensing dan RD Web Access. Microsoft juga menyediakan Remote Desktop Clients untuk Microsoft Windows, Apple macOS, Apple iOS, Google Android dan HTML5-capable browsers.

Keunggulan  Remote Desktop Services

Bisnis di seluruh dunia menggunakan dan mengandalkan Microsoft RDS untuk mengirimkan aplikasi dan desktop kepada karyawan mereka dari lokasi mana pun, memungkinkan telecommuting, dan akses seluler yang lebih mudah dan efisien. Remote Desktop Services atau RDS, memiliki banyak manfaat dalam pengiriman data meliputi:

  • Dapat mengirimkan data apa pun, mulai dari sinyal perangkat serial, data presentasi, informasi lisensi, dan data yang sangat terenkripsi antara remote server dan client.
  • Software ini memanfaatkan internet untuk memungkinkan satu mesin (client) mengakses dan mengontrol mesin lain (server) dari jarak jauh.
  • Sebagai perangkat administrasi dan implementasi jarak jauh berbasis Virtual Network Computing (VNC).
  • Data dapat disimpan di cloud. Jika perangkat end user gagal, hilang atau dicuri, data Anda tetap aman.

Dengan evolusi Microsoft RDSWindows Server 2022 (sebelumnya dikenal sebagai Terminal Server), fungsi RDP telah berkembang secara signifikan untuk berbagai aspek.

Bangun Infrastruktur Remote Desktop Services Anda dengan Windows Server 2022

Windows Server 2022 memperkenalkan remote desktop services yang mendukung virtualisasi dan remote access untuk meningkatkan fleksibilitas bisnis. Windows Server 2022 dibangun di atas fondasi kuat Windows Server 2019 dan menghadirkan banyak inovasi seperti: security, Azure hybrid integration management, dan application platform.

Sebagai sebuah layanan protokol yang diaktifkan secara remote atau jarak jauh, isu keamanan akan selalu menjadi perhatian pengguna RDP. Jika Anda ingin membuat koneksi Remote Desktop Protocol ke jaringan perusahaan yang aman dari lokasi yang jauh, pastikan telah menginstal dan konfigurasi layanan Remote Desktop Gateway pada Windows Server 2022.

Sebagai gantinya, Anda bisa menggunakan beberapa solusi untuk membuat fungsi Remote Desktop Protocol dengan Windows Server 2022 tetap aman. Beberapa tips untuk mengamankan koneksi RDP Windows Server 2022:

Batasi Koneksi RDP ke Non-Administrator

Ingat bahwa Anda hanya boleh mengizinkan akun pengguna non-administrator untuk terhubung dari jarak jauh.

Akun pengguna standar tidak dapat mengubah pengaturan, menginstal perangkat lunak, dan memiliki akses terbatas ke file.

Batasi Kesempatan Input Password

Tujuannya agar Anda bisa membatasi kemungkinan kerusakan apa pun dari serangan Denial of Service (DoS).

Atur Fungsi RDP untuk Enkripsi Maksimum

Secara default, koneksi Remote Desktop Protocol akan selalu mencoba menggunakan tingkat enkripsi setinggi mungkin.

Untuk memastikan bahwa tingkat enkripsi tertinggi selalu digunakan, atur tingkat enkripsi default menggunakan Group Policy Editor.

Baca Juga: Jaringan Fiber Optic dan Tantangan di Era Industri 4.0

Dapatkan Solusi Remote Desktop Services dengan Windows Server 2022 di XDC

Untuk memenuhi kebutuhan operasional bisnis dalam menyediakan akses jarak jauh yang aman hingga kemampuan untuk menjalankan aplikasi dan desktop dari cloud. XDC Indonesia BPT sebagai authorized partner RDS Windows Server 2022 menawarkan solusi Infrastruktur Remote Desktop Services untuk bisnis Anda.

XDC memiliki tim profesional dan tersertifikasi yang siap membantu Anda melewati setiap proses, mulai dari konsultasi hingga dukungan after sales untuk menjamin keamanan aplikasi dan bisnis Anda. Dapatkan solusi RDS Windows Server 2022 dari XDC sekarang dengan menghubungi kami lebih lanjut di info@xdc-indonesia.com

XDC CTI Group

XDCI Jakarta

 Komplek Ketapang Business Center Blok D2-3.
Jl. Kyai H. Zainul Arifin, RT.8/RW.7, Krukut, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11140
 (021) 634 8020
 info@xdc-indonesia.com
 (021) 6386 9428

XDCI Surabaya

 Gedung Graha SA 8th Floor Room 1, JL. Raya Gubeng, No. 19-21, Gubeng, Kec. Gubeng, Kota SBY, Jawa Timur 60281
 (031) 502 0410, (031) 7763 5500
 info@xdc-indonesia.com
 (031) 502 0436

Welcome to PT XDC Indonesia, where a team of responsive profesionals stand ready to meet your information technology needs in this ever-changing business environment. In 2011, PT XDC Indonesia has made a strategic move to strengthen their businesses by joining one of the largest value added IT provider group in Indonesia; PT Computrade Technology International (CTI) While to widen their coverage in the runrate business across Indonesia, in August 2012, PT XDC Indonesia acquired the business unit of PT Paradise Cipta Solusi; one of the biggest master dealer of Lenovo.