Di era modern, otomasi jaringan telah muncul sebagai faktor penting dalam meningkatkan efisiensi operasional lingkungan kerja Bayangkan hanya dengan satu kali klik, komputer, printer, dan perangkat IoT dapat dikelola dan dikonfigurasi. Ini bukan hanya tentang menghemat waktu saat mengengerjakan tugas administratif, tetapi juga memberi keleluasaan kepada tim IT untuk berfokus pada inisiatif strategis. 

Otomasi jaringan juga tak melulu tentang efisiensi operasional, tetapi tentang mempersiapkan bisnis untuk menghadapi tantangan masa depan. Dengan mengadopsi otomasi, bisnis dapat memanfaatkan teknologi untuk memenuhi tuntutan pasar yang berubah dengan cepat, menjaga layanan tetap optimal, dan menciptakan ekosistem jaringan yang tangguh, aman, dan adaptif. 

Penasaran apa sebenarnya otomasi jaringan dan bagaimana solusi ini mampu membantu perusahaan mengotomatisasi pengelolaan jaringan di lingkungan kerja? Lengkapnya simak artikel berikut. 

Apa itu Otomasi Jaringan (Network Automation)?

Otomasi jaringan (Network Automation) merujuk pada penggunaan software dan tools untuk mengotomatisasi tugas terkait manajemen, konfigurasi perangkat, pemantauan kinerja, pembaruan software, dan penanganan perubahan sehingga tim IT sepenuhnya fokus pada inovasi dan strategi bisnis.  

Otomasi jaringan memiliki peran penting dalam mengurangi risiko human erorr serta meningkatkan konsistensi dalam hal konfigurasi jaringan. Melalui pendekatan pemantauan otomatis, berbagai masalah jaringan dapat segera diidentifikasi dan ditangani saat kendala terjadi. Lebih jauh lagi, praktik otomasi jaringan memungkinkan perusahaan untuk mengoptimalkan kapasitas jaringan tanpa mengorbankan faktor kestabilan, sehingga efisiensi lebih lanjut dan tingkat keamanan yang lebih tinggi dapat tercapai. 

Mengapa Perkantoran Membutuhkan Otomasi Jaringan?

Manfaat dari Otomasi Jaringan di Kantor

Lingkungan perkantoran modern semakin bergantung pada teknologi jaringan untuk menjalankan operasional sehari-hari. Dalam konteks ini, otomasi jaringan memungkinkan otomatisasi tugas seperti konfigurasi perangkat, pemantauan kinerja, dan manajemen pengguna, waktu yang dulu dihabiskan untuk tugas-tugas rutin dapat dialokasikan untuk kegiatan yang lebih strategis. 

Selain itu, ketika terjadi perubahan atau masalah dalam jaringan, respons cepat sangat penting. Dalam hal ini, otomasi jaringan dapat memberikan peringatan real-time tentang perubahan atau masalah yang terdeteksi, serta mengambil tindakan perbaikan otomatis jika diperlukan.  

Dengan demikian, otomasi membantu mengurangi downtime dan memastikan ketersediaan jaringan yang lebih baik. Terakhir, otomasi mendukung skalabilitas. Perusahaan yang berkembang dapat dengan mudah menambahkan perangkat dan pengguna baru ke dalam jaringan tanpa perlu menambahkan jumlah personel untuk mengelolanya, karena tugas-tugas tersebut telah diotomatisasi. 

Nah, jika Anda ingin meinmplementasikan Ootomasi jaringan, Allied Telesis Total Automation Network (TAN) bisa jadi pilihan tepat. Dengan menggunakan TAN, perusahaan dapat mengotomasi manajemen, konfigurasi perangkat, pemantauan kinerja, pembaruan software, untuk mengelola jaringan dengan lebih efisien dan fleksibel. 

Allied Telesis Total Automation Network (TAN), Solusi Canggih Pengelolaan Jaringan

Selama lebih dari 30 tahun, Allied Telesis telah menjadi solusi terdepan dalam membangun jaringan yang tangguh dan dapat diandalkan bagi ribuan perusahaan. Dalam perjalanan ini, Allied Telesis memahami persoalan yang dihadapi oleh administrator. Seringkali mereka terjebak dalam rutinitas yang memakan waktu, diperparah oleh tools yang tidak memberikan perlindungan yang memadai terhadap risiko kesalahan.  

Untuk mengatasi tantangan ini, Allied Telesis telah merancang solusi mutakhir yang dikenal sebagai Total Autonomous Networking (TAN). TAN menghadirkan serangkaian fungsi otomatisasi yang dapat menjalankan tugas-tugas ini secara otomatis atau lebih sederhana, menghemat waktu berharga dan mengurangi risiko. Semua ini disajikan melalui satu dasbor  intuitif, yang disebut Vista Manager EX. Dashboard ini tidak hanya mengurangi waktu pelatihan, tetapi juga risiko pemadaman dan biaya. 

Fitur Vista Manager EX dari TAN memberikan kendali penuh dan pandangan menyeluruh atas setiap perangkat dalam jaringan. Dikombinasikan dengan Autonomous Management Framework™ (AMF), TAN memberikan administrator kemampuan untuk mengelola jaringan dengan lebih cepat dan efisien. Dukungan fitur-fitur canggih melalui plugin memungkinkan otomatisasi tambahan pada beberapa aspek jaringan seperti Wi-Fi, SD-WAN, dan edge security. 

Dengan pendekatan terintegrasi dan user-friendly, TAN hadir sebagai solusi yang efekfif untuk memenuhi kebutuhan otomatisasi di berbagai tahapan perjalanan menuju jaringan yang tangguh, aman, dan andal sesuai dengan tuntutan organisasi Anda. 

Fitur Allied Telesis TAN

Allied Telesis TAN menyediakan rangkaian fitur yang dapat mengotomatisasi berbagai aspek manajemen jaringan. Fitur-fitur ini mencakup manajemen konfigurasi, optimisasi Wi-Fi, pengelolaan trafik WAN, edge security, dan jaringan yang mudah diatur. Berikut penjelasan detailnya. 

1. Manajemen Konfigurasi Otomatis

Memiliki kontrol pusat dan otomasi cepat, sehingga perubahan konfigurasi hingga pembaruan firmware jaringan bisa dilakukan mudah, dan tanpa risiko. Selain itu, tugas berulang dapat diotomatisasi atau disederhanakan, sehingga dapat mempercepat waktu instalasi dan perbaikan. 

2. Optimisasi Wi-Fi Otomatis

Solusi Wi-Fi otomatis dari Allied Telesis menggabungkan tools manajemen yang mudah dipahami dengan setting otomatis, sehingga dapat memastikan kualitas jaringan selalu dalam kondisi terbaik.  

3. WAN Traffic Management Otomatis

Kombinasikan SD-WAN dengan firewall aman dari Allied Telesis, memberikan solusi keamanan yang mudah dan efektif untuk melindungi trafik WAN. TAN memungkinkan pengelolaan dan perlindungan terpusat, sehingga dapat menghemat waktu dan sumber daya. 

4. Edge Security Otomatis

Mendeteksi kendala jaringan secara cepat dan akurat, otomatis, mengisolasi perangkat mencurigakan, dan memastikan keamanan di seluruh infrastruktur jaringan. Ini juga menghemat biaya dengan mengkonsolidasikan kebijakan keamanan dari satu perangkat. 

5. Jaringan Terprogram

Untuk kendali maksimal, AlliedWare Plus dari Allied Telesis menawarkan OpenFlow dan API RESTful yang mudah digunakan. Ini memungkinkan tindakan otomatis yang sesuai dengan kebutuhan, mendukung fleksibilitas dan efisiensi dalam mencapai tujuan bisnis. 

6 Manfaat Allied Telesis TAN

Manfaat Allied Telesis TAN untuk perusahaan

Allied Telesis TAN memiliki enam manfaat bagi perusahaan dalam memaksimalkan pengelolaan jaringan di kantor, berikut penjelasan detailnya. 

1. Otomasi Komprehensif 

Menawarkan solusi otomasi komprehensif yang mencakup berbagai aspek manajemen jaringan, termasuk manajemen konfigurasi, optimisasi Wi-Fi, pengelolaan trafik WAN, edge security dan pemrograman jaringan. Pendekatan terpadu ini menyederhanakan pengelolaan jaringan dan kurangi tugas manual, sehingga meningkatkan efisiensi operasional. 

2. Manajemen Jaringan yang Mudah 

Menyediakan dashboard manajemen terpusat yaitu Vista Manager EX, yang menawarkan visibilitas untuk seluruh infrastruktur jaringan. Ini memungkinkan administrator memantau, mengonfigurasi, dan mengatasi masalah jaringan secara cepat. 

3. Integrasi Lancar

Dapat diintegrasikan dengan peralatan dan tools jaringan yang sudah ada. Ini menghilangkan kebutuhan akan penggantian infrastruktur yang mahal dan memfasilitasi transisi mulus ke solusi manajemen jaringan otomatis. 

4. Keamanan Real-Time

Mencakup fitur edge security otomatis yang dapat mendeteksi dan merespons ancaman keamanan secara real-time. Ini secara proaktif mengidentifikasi dan mengisolasi perangkat mencurigakan, mengurangi potensi risiko, dan melindungi jaringan dari akses tidak sah dan pelanggaran data. 

5. Fleksibilitas dan Skalabilitas

Memungkinkan perusahaan untuk beradaptasi dan mengukur jaringan mereka dengan cepat untuk memenuhi kebutuhan bisnis yang berubah. Ini memberikan fleksibilitas dalam menyediakan layanan baru, memperluas kemampuan jaringan, mengakomodasi load yang dinamis, dan memastikan jaringan dapat mendukung kebutuhan yang terus berkembang. 

6. Optimalisasi Biaya

Mengotomatisasi tugas berulang, mengurangi human erorr, dan mengoptimalkan operasi jaringan, TAN membantu perusahaan mencapai penghematan biaya. Ini memaksimalkan penggunaan sumber daya, meminimalkan downtime, dan memungkinkan administrator jaringan fokus pada inisiatif strategis, yang pada akhirnya meningkatkan efisiensi operasional dan kurangi biaya. 

Konsultasikan Kebutuhan Otomasi Jaringan Kantor Anda dengan Tim Andal XDC

Dapatkan solusi Allied Telesis Total Automation Network (TAN) di XDC. Solusi ini akan membantu meningkatkan efisiensi operasional, menyederhanakan manajemen jaringan, memberikan fleksibilitas dalam mengatur jaringan sesuai dengan kebutuhan perusahaan hingga mengotomatisasi beberapa task kompleks yang memakan waktu dalam pengelolaanya. 

XDC sebagai authorized partner Allied Telesis di Indonesia memiliki tim profesional dan bersertifikasi yang siap membantu Anda melewati setiap proses, mulai dari konsultasi hingga dukungan after sales untuk menjamin perangkat jaringan bisnis Anda dikelola dan dikonfigurasi secara terintegrasi dan aman. Selain itu, kami menyediakan garansi 5 tahun secara gratis dan pelayanan secara real-time ketika Anda mengimplementasikan solusi Allied Telesis Total Automation Network (TAN dari XDC sekarang! Tertarik?  Hubungi kami di sini.    

Penulis: Ary Adianto 

Content Writer CTI Group 

 

XDC CTI Group

XDCI Jakarta

 Komplek Ketapang Business Center Blok D2-3.
Jl. Kyai H. Zainul Arifin, RT.8/RW.7, Krukut, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11140
 (021) 634 8020
 info@xdc-indonesia.com
 (021) 6386 9428

XDCI Surabaya

 Gedung Graha SA 8th Floor Room 1, JL. Raya Gubeng, No. 19-21, Gubeng, Kec. Gubeng, Kota SBY, Jawa Timur 60281
 (031) 502 0410, (031) 7763 5500
 info@xdc-indonesia.com
 (031) 502 0436

Welcome to PT XDC Indonesia, where a team of responsive profesionals stand ready to meet your information technology needs in this ever-changing business environment. In 2011, PT XDC Indonesia has made a strategic move to strengthen their businesses by joining one of the largest value added IT provider group in Indonesia; PT Computrade Technology International (CTI) While to widen their coverage in the runrate business across Indonesia, in August 2012, PT XDC Indonesia acquired the business unit of PT Paradise Cipta Solusi; one of the biggest master dealer of Lenovo.