Di era digital yang semakin terhubung, peran Wireless Access Point (AP) menjadi semakin penting untuk memberikan akses internet yang cepat dan andal kepada bisnis, termasuk usaha kecil dan menengah (Small Medium-Business). Bisnis kecil menengah saat ini tidak hanya menggunakan internet untuk menjalankan operasional sehari-hari, namun juga untuk berkomunikasi dengan pelanggan, mengatur inventaris, dan meningkatkan efisiensi dalam semua aspek bisnis. 

Akan tetapi, memilih AP yang tepat untuk kebutuhan bisnis kecil menengah bukanlah tugas sederhana. Bisnis kecil menengah seringkali dihadapkan dengan kondisi dan kebutuhan yang berbeda-beda. Beberapa mungkin memiliki ruangan yang luas, sehingga memerlukan jaringan yang kuat untuk mencakup seluruh area, sementara yang lain mungkin berhadapan dengan trafik pengguna internet yang tinggi dalam waktu bersamaan. 

Nah, dalam artikel ini, XDC akan membahas secara tuntas beberapa hal yang perlu dipertimbangkan saat memilih AP yang cocok untuk bisnis kecil menengah (Small Medium-Business). Apa saja? Berikut ulasannya. 

Cara Memilih Wireless Access Point Sesuai Kebutuhan Bisnis Kecil Menengah

Saat memilih Wireless Access Point (AP) yang tepat, ada beberapa hal penting yang harus Anda perhatikan guna memastikan konektivitas jaringan internet yang andal sesuai dengan kebutuhan bisnis Anda. Berikut di antaranya. 

Luas Ruangan

Pertimbangkan ukuran fisik ruangan atau area yang perlu di-cover oleh jaringan Wi-Fi. Untuk ruangan yang luas, Anda memerlukan AP dengan daya tangkap yang lebih tinggi atau kemampuan penyebaran sinyal yang lebih baik. 

Trafik Penggunaan Internet

Tentukan berapa banyak perangkat yang akan terhubung secara bersamaan ke jaringan Wi-Fi. Jika bisnis Anda melayani banyak pengguna dalam satu waktu, pilih AP yang memiliki kemampuan MIMO lebih tinggi untuk menangani beban trafik yang lebih besar. 

Interferensi Sinyal

Identifikasi kemungkinan sumber interferensi sinyal di area Anda, seperti perangkat elektronik lain atau tembok yang tebal. Pilih AP yang memiliki fitur mitigasi interferensi atau kemampuan untuk beroperasi di berbagai saluran frekuensi. 

Skalabilitas

Pertimbangkan rencana pertumbuhan bisnis Anda. Pilih AP yang memungkinkan penambahan unit atau ekspansi jaringan yang mudah. Skalabilitas menjadi penting karena bisnis mungkin akan berkembang seiring waktu. 

Selain mempertimbangkan faktor-faktor yang telah disebutkan di atas, penting juga untuk menekankan faktor keamanan, manajemen jaringan yang efisien, dan kompatibilitas dengan perangkat lain yang digunakan dalam bisnis Anda. Dalam hal ini, Allied Telesis Wireless Access Point menjadi solusi yang sangat relevan dan dapat diandalkan. 

Allied Telesis menyediakan serangkaian pilihan Wireless Access Point yang dirancang untuk memenuhi berbagai kebutuhan bisnis kecil menengah. Berikut adalah beberapa pilihan yang dapat disesuaikan sesuai dengan kebutuhan bisnis kecil menengah. 

Pilihan Allied Telesis Wireless Access Point untuk Bisnis Kecil Menengah Anda

Allied Telesis Wireless Access Point adalah serangkaian perangkat wireless yang dirancang oleh Allied Telesis. Perangkat ini digunakan untuk menyediakan akses internet ke perangkat-perangkat seperti komputer, smartphone, tablet, dan perangkat lainnya di dalam suatu jaringan. 

Allied Telesis Wireless Access Point memiliki berbagai model dengan berbagai fitur dan kinerja yang sesuai dengan berbagai kebutuhan bisnis kecil menengah. Berikut adalah informasi singkat tentang masing-masing model. 

1. TQm6702 GEN2 – Ultra High-Performance Wi-Fi 6 (8×8) Wireless Access Point

TQm6702 GEN2 - Ultra High-Performance Wi-Fi 6 (8x8) Wireless Access Point

  • Kemampuan Wi-Fi 

Dibekali teknologi Wi-Fi 6 (generasi terbaru dalam teknologi Wi-Fi) yang mendukung standar 802.11ax, dengan kinerja tinggi dan efisiensi spektrum yang lebih baik dibandingkan Wi-Fi 5. 

  • MIMO (Multiple Input, Multiple Output) 

TQm6702 GEN2 memiliki 8×8 MIMO, yang berarti memiliki delapan antena untuk transmisi dan menerima data. Ini memungkinkan TQm6702 GEN2 untuk memberikan throughput tinggi dan mengakomodasi banyak perangkat dalam jaringan yang sama. 

  • Kecepatan Maksimum 

Dengan dukungan 8×8 MIMO, model ini mampu memberikan kecepatan wireless yang sangat tinggi, yang dapat mencapai hingga beberapa gigabit per detik. Ini cocok untuk bisnis dengan trafik data yang tinggi atau area yang padat pengguna. 

  • Pengaplikasian 

Cocok untuk bisnis besar atau lokasi dengan banyak perangkat yang terhubung secara bersamaan, seperti pusat perbelanjaan, universitas, atau perusahaan dengan kebutuhan konektivitas yang tinggi. 

2. TQm6602 GEN2 – Very High-Performance Wi-Fi 6 (4×4) Wireless Access Point 

TQm6602 GEN2 - Very High-Performance Wi-Fi 6 (4x4) Wireless Access Point

  • Kemampuan Wi-Fi 

Model ini juga merupakan Wi-Fi 6 (802.11ax), tetapi memiliki 4×4 MIMO, yang berarti memiliki empat antena untuk transmisi dan menerima data. Meskipun memiliki jumlah antena yang lebih sedikit daripada TQm6702, solusi ini masih memberikan kinerja tinggi. 

  • Kecepatan Maksimum 

Dengan 4×4 MIMO, TQm6602 GEN2 dapat memberikan kecepatan wireless yang baik, meskipun mungkin tidak secepat TQm6702. Namun, masih sangat cocok untuk sebagian besar aplikasi bisnis. 

  • Pengaplikasian 

Cocok untuk bisnis menengah hingga besar yang memerlukan kinerja wireless yang tinggi, tetapi mungkin tidak memerlukan kecepatan super tinggi seperti yang ditawarkan oleh TQm6702. 

3. TQm1402 – Wi-Fi 5 (2×2) Wireless Access Point 

TQm1402 - Wi-Fi 5 (2x2) Wireless Access Point

  • Kemampuan Wi-Fi 

Ini adalah model yang lebih lama dengan kemampuan Wi-Fi 5 (802.11ac). Ini mendukung 2×2 MIMO, yang berarti memiliki dua antena untuk transmisi dan menerima data. 

  • Kecepatan Maksimum 

Karena Wi-Fi 5, kecepatan maksimumnya akan lebih rendah dibandingkan dengan model Wi-Fi 6. Namun masih cocok untuk bisnis kecil hingga menengah dengan kebutuhan konektivitas yang cukup baik. 

  • Pengaplikasian 

TQm1402 cocok untuk bisnis yang tidak memiliki trafik data yang tinggi atau tidak memerlukan kinerja super tinggi. Ini bisa menjadi pilihan yang lebih ekonomis untuk bisnis kecil. 

Pilihan antara ketiga model ini akan sangat tergantung pada kebutuhan bisnis kecil menengah Anda. Pertimbangkan ukuran bisnis, jumlah perangkat yang akan terhubung, tingkat kinerja yang diperlukan, dan anggaran yang tersedia.  

8 Alasan Mengapa Allied Telesis Jadi Pilihan Terbaik Wireless Access Point Bisnis Kecil Menengah

Mengapa Anda harus mempercayakan Allied Telesis untuk pilihan Wireless Access Point (AP) bisnis Anda? Berikut adalah beberapa alasan yang mungkin menjadikan Allied Telesis sebagai pilihan yang baik. 

1. Ideal untuk Perusahaan Basis IoT

Dirancang dengan mempertimbangkan kebutuhan perusahaan yang menggunakan Internet of Things (IoT). Ini memungkinkan pengintegrasian yang mulus dengan berbagai perangkat dan IoT di lingkungan bisnis Anda. 

2. Pengumpulan Data Berkelanjutan (24/7)

Memungkinkan pengumpulan data secara terus-menerus, 24/7. Hal ini penting untuk mendukung berbagai aplikasi bisnis yang membutuhkan analisis data dan tetap online di setiap waktu. 

3. Stabilitas Wi-Fi di Semua Lingkungan

Semua model Allied Telesis menjanjikan stabilitas koneksi Wi-Fi di berbagai jenis lingkungan, termasuk di area yang padat pengguna atau dengan interferensi wireless. 

4. Cegahan Gangguan

Menyediakan fitur pencegahan gangguan, yang dapat memperingatkan dan mengatasi potensi gangguan dalam jaringan wireless Anda. Ini membantu memastikan ketersediaan dan keamanan jaringan. 

5. Tampilan Dashboard API Sederhana

Dashboard API pengguna yang disediakan oleh Allied Telesis didesain untuk memudahkan pengelolaan dan pemantauan jaringan. Ini memungkinkan Anda dengan mudah mengelola perangkat dan mendapatkan informasi penting. 

6. Dukungan AI

Dibekali teknologi AI untuk memantau dan mengoptimalkan kinerja jaringan secara otomatis. Hal ini dapat membantu mengidentifikasi dan menanggapi masalah secara cepat. 

7. Kinerja Tinggi dengan Wi-Fi 6

Menawarkan solusi dengan dukungan Wi-Fi 6, yang merupakan teknologi terbaru dalam standar Wi-Fi. Ini memastikan kinerja wireless yang sangat tinggi, cocok untuk kebutuhan bisnis dengan lalu lintas data tinggi. 

8. Manajemen Terpusat

Menyediakan solusi untuk manajemen jaringan yang terpusat. Ini memungkinkan Anda untuk mengelola seluruh jaringan dari satu lokasi, mempermudah tugas administrasi dan pemantauan. 

Konsultasikan dengan XDC untuk Memilih Wireless Access Point Allied Telesis Tepat untuk Bisnis Kecil Menengah

Saatnya dapatkan solusi Wireless Access Point dari Allied Telesis yang aman, agile dan cost effective untuk konektivitas jaringan internet bisnis kecil menengah (Small-Medium Business) di XDC. Kami menyediakan garansi 5 tahun secara gratis dan pelayanan tepat waktu.  

XDC memiliki tim profesional dan bersertifikasi yang siap membantu Anda melewati setiap proses, mulai dari konsultasi hingga dukungan after sales untuk menjamin keamanan aplikasi dan bisnis Anda. Dapatkan solusi Allied Telesis dari XDC sekarang dengan segera hubungi kami di sini.    

Penulis: Ary Adianto 

Content Writer CTI Group 

XDC CTI Group

XDCI Jakarta

 Komplek Ketapang Business Center Blok D2-3.
Jl. Kyai H. Zainul Arifin, RT.8/RW.7, Krukut, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11140
 (021) 634 8020
 info@xdc-indonesia.com
 (021) 6386 9428

XDCI Surabaya

 Gedung Graha SA 8th Floor Room 1, JL. Raya Gubeng, No. 19-21, Gubeng, Kec. Gubeng, Kota SBY, Jawa Timur 60281
 (031) 502 0410, (031) 7763 5500
 info@xdc-indonesia.com
 (031) 502 0436

Welcome to PT XDC Indonesia, where a team of responsive profesionals stand ready to meet your information technology needs in this ever-changing business environment. In 2011, PT XDC Indonesia has made a strategic move to strengthen their businesses by joining one of the largest value added IT provider group in Indonesia; PT Computrade Technology International (CTI) While to widen their coverage in the runrate business across Indonesia, in August 2012, PT XDC Indonesia acquired the business unit of PT Paradise Cipta Solusi; one of the biggest master dealer of Lenovo.