Penerapan manajemen jaringan adalah faktor kunci dalam menjaga kelancaran operasional bisnis di era digital yang semakin kompleks. Hal ini tidak terlepas dari peran manajemen jaringan yang memungkinkan perusahaan untuk tetap responsif dengan kebutuhan yang terus berubah. Tanpa manajemen jaringan yang efektif, perubahan bisnis sulit diakomodasi, dan perusahaan mungkin kehilangan keunggulan kompetitif. 

Selain itu, manajemen jaringan juga dapat menjaga keamanan jaringan dan data perusahaan. Ancaman keamanan siber terus berkembang, dan hanya dengan manajemen jaringan yang baik, perusahaan dapat mendeteksi, mencegah, dan merespons serangan dengan cepat.  

Jadi, mari bahas lebih lanjut mengenai apa itu manajemen jaringan dan mengapa bisnis Anda memerlukannya dalam artikel berikut ini. 

Apa itu Manajemen Jaringan?

Manajemen jaringan adalah proses mengetahui status pengoperasian sumber daya jaringan. Hal ini dilakukan dengan mengumpulkan, menyimpan, dan memantau data dari sumber daya di seluruh jaringan untuk memastikan sumber daya tersebut bekerja pada kondisi optimal. Jika hal tersebut tidak terjadi, manajemen jaringan akan memberikan informasi yang diperlukan untuk membantu Anda mendapatkan kinerja lebih baik dari sumber daya tersebut. 

Tanpa manajemen jaringan, kemungkinan besar Anda akan menemui banyak pengguna jaringan yang bermasalah. Tak seorang pun ingin menanggung akibat dari keluhan pengguna tentang pengalaman digital yang buruk. Manajemen jaringan adalah bagian penting untuk memastikan hal itu tidak terjadi. 

Pentingnya Menjalankan Manajemen Jaringan

Manajemen jaringan adalah elemen penting dalam menjaga jaringan yang efisien dan andal, terutama dalam menghadapi jumlah pengguna yang semakin besar. Manajemen jaringan memberikan sejumlah manfaat penting yang perlu dipahami.  

Berikut beberapa alasan mengapa manajemen jaringan penting bagi bisnis. 

1. Menemukan dan Memperbaiki Masalah

Mengidentifikasi dan memecahkan masalah di jaringan. Ini termasuk mengenali gangguan dalam website atau masalah pada perangkat jaringan yang perlu diperbaiki. 

2. Merencanakan Masa Depan Jaringan

Dengan memantau jaringan, Anda dapat memahami kondisi jaringan saat ini dan merencanakan perubahan atau peningkatan yang sesuai dengan kebutuhan bisnis di masa depan. 

3. Memastikan Kepatuhan Keamanan

Memastikan kepatuhan jaringan dengan standar keamanan yang berlaku dan  mengidentifikasi potensi ancaman keamanan. Misalnya, manajemen jaringan dapat membantu mengidentifikasi perangkat yang tidak mematuhi standar kepatuhan seperti PCI. 

4. Meningkatkan Kinerja

Membantu memahami bagaimana kinerja jaringan memengaruhi pengalaman pengguna. Ini membantu dalam mengidentifikasi dan mengatasi hambatan kinerja yang dapat memengaruhi penggunaan aplikasi dan layanan. 

5. Meningkatkan Visibilitas Jaringan

Memberikan visibilitas terhadap elemen-elemen jaringan, memungkinkan pembuatan peta jaringan yang dinamis. Ini membantu identifikasi bagian jaringan yang perlu perbaikan dan mengurangi hambatan dalam manajemen dan pemecahan masalah. 

6. Merencanaan Kapasitas

Membantu merencanakan kapasitas jaringan dengan efektif, mencegah masalah yang mungkin timbul karena peningkatan atau penurunan penggunaan. 

7. Memenuhi SLA (Service-Level Agreement)

Memastikan bahwa jaringan memenuhi SLA yang diberlakukan oleh penyedia layanan atau organisasi sendiri. 

8. Menghemat Waktu

Memungkinkan identifikasi cepat akar masalah jaringan, menghemat waktu yang sebelumnya dihabiskan untuk pencarian data atau dokumentasi jaringan. 

9. Menguji Pre-deployment

Sebelum melakukan perubahan atau implementasi baru pada jaringan, manajemen jaringan membantu pengujian pre-deployment untuk memastikan keberhasilan perubahan atau implementasi tersebut. 

10. Memeliharaan dan Upgrade

Memudahkan pemeliharaan jaringan, upgrade software, dan penanganan kerentanan keamanan yang mungkin muncul seiring perubahan dalam jaringan.  

Selain mempertimbangkan faktor-faktor yang telah disebutkan di atas, penting juga untuk menekankan faktor keamanan, manajemen jaringan yang efisien, dan kompatibilitas dengan perangkat lain saat memilih solusi manajemen jaringan untuk bisnis Anda.  

Dalam hal ini, Allied Telesis Vista Manager EX menjadi solusi yang sangat relevan, karena solusi ini dapat memudahkan pengelolaan dan pemantauan jaringan, serta memberikan fleksibilitas dalam penyesuaian dengan kebutuhan bisnis Anda. 

Rekomendasi Tim Expert XDC: Allied Telesis Vista Manager EX

Allied Telesis Vista Manager EX adalah sebuah software manajemen jaringan yang dirancang untuk memberikan solusi terpadu untuk manajemen dan pemantauan jaringan. Dengan interface yang mudah digunakan, software ini memungkinkan pengguna untuk mengelola dan mengawasi seluruh infrastruktur jaringan dengan mudah. Ini termasuk konfigurasi hardware jaringan, pemantauan kinerja, dan aspek keamanan. 

Selain itu, Vista Manager EX juga menawarkan fleksibilitas yang tinggi dengan kemampuan integrasi yang luas, sehingga dapat digunakan dalam berbagai lingkungan jaringan. Dengan fitur-fitur seperti manajemen hardware, pemantauan dan pelaporan, serta dukungan untuk konsep Software-Defined Networking (SDN), Vista Manager EX menjadi tools yang dapat diandalkan perusahaan dalam mengelola jaringan untuk menjalankan operasional sehari-hari.  

9 Fitur Allied Telesis Vista Manager EX

Salah satu fitur utama dari Vista Manager EX adalah pemantauan kinerja jaringan yang canggih. Dengan kemampuan ini, pengguna dapat secara real-time memantau penggunaan bandwidth, latensi, dan workloads jaringan. Selain itu, terdapat beberapa fitur-fitur lainnya, seperti. 

1. Pemantauan Kinerja Jaringan

Memberikan kemampuan pemantauan kinerja jaringan yang canggih. Pengguna dapat memantau penggunaan bandwidth, latensi, dan workloads jaringan secara real-time. Ini memungkinkan pengguna untuk mendapatkan pemahaman yang mendalam tentang bagaimana jaringan beroperasi saat itu juga. 

2. Single-pane-of-glas

Menyediakan dashboard single-pane-of-glass yang dapat mengintegrasikan seluruh jaringan dalam satu tampilan. Dashboard tersebut mencakup detail dan status jaringan, informasi, serta isu-isu kritis seperti ancaman keamanan internal. 

3. Secure SD-WAN

Memungkinkan manajemen pusat koneksi kantor cabang untuk pengiriman aplikasi yang lebih andal dan aman. Ini memungkinkan optimalisasi kinerja aplikasi real-time untuk meningkatkan produktivitas bisnis. Anda dapat mengatur metrik kinerja yang dapat diterima untuk setiap aplikasi, serta memantau operasi SD-WAN dengan dashboard dan halaman kesehatan. 

4. AMF Plus Orchestrator

Orkestrator AMF Plus memudahkan manajemen jaringan. Pemantauan kesehatan memberikan pandangan cepat tentang status jaringan, sementara input grafis sederhana memungkinkan pengelolaan trafik LAN menggunakan QoS dan ACLs. Anda dapat dengan mudah membuat koneksi VPN antar cabang, mengatur prioritas dan pengaturan lalu lintas aplikasi melalui WAN, mengelola keamanan, dan banyak lagi.  

5. Peta Real-time

Dapat menampilkan semua perangkat yang terhubung dalam jaringan Anda dan memungkinkan Anda memantau bagaimana mereka terhubung serta layanan yang berjalan. Selain itu, solusi ini juga dapat menampilkan koneksi VPN antara kantor cabang yang membantu Anda memantau dan mengelola kinerja jaringan dengan lebih baik.  

6. Dukungan untuk Beragam Jaringan 

Dukungan untuk beberapa jaringan memungkinkan pemisahan yang aman dan administrasi penuh atau akses read only pada bagian jaringan tertentu. Ini mendukung perusahaan besar yang terdistribusi atau penyedia layanan yang menawarkan layanan manajemen kepada perusahaan-perusahaan individual. 

7. Otomatisasi Jaringan

Pemulihan perangkat otomatis memungkinkan penggantian tanpa sentuhan. AMF Plus dan Vista Manager EX bekerja bersama untuk mengurangi administrasi jaringan. 

8. Flexible Deployment

Vista Manager memiliki berbagai pilihan penempatan sesuai dengan ruang server Anda. Pemasangan server Windows atau instalasi VirtualBox pada Linux dengan Vista virtual (VST-VRT) mendukung lingkungan teknologi Anda. 

9. Plug-in untuk Fungsionalitas Tambahan

Tambahkan fungsionalitas ekstra dengan plug-in berbasis langganan seperti AWC plug-in & SNMP plug-in. 

Keuntungan Menggunakan Allied Telesis Vista Manager EX

Allied Telesis Vista Manager EX menawarkan sejumlah keuntungan bagi bisnis sebagai berikut. 

Pemantauan Kinerja Terbaik

Memberikan visibilitas penuh ke dalam kinerja jaringan Anda. Dengan pemantauan yang akurat dan real-time, Anda dapat cepat mengidentifikasi masalah, melacak penggunaan bandwidth, dan mengoptimalkan jaringan Anda untuk menjaga kinerja yang optimal. 

Manajemen Keamanan yang Kuat

Memiliki tools keamanan yang kuat, termasuk pemantauan trafik, deteksi ancaman, dan konfigurasi firewall. Ini membantu melindungi jaringan Anda dari serangan siber dan memastikan bahwa data sensitif tetap aman. 

Manajemen  Mudah

Anda dapat mengelola seluruh infrastruktur jaringan Anda dari satu interface terpadu. Ini mencakup konfigurasi hardware, manajemen perangkat, dan manajemen SDN, yang semuanya dapat diakses dengan mudah. 

Fleksibilitas dan Integrasi

Dapat diintegrasikan dengan berbagai hardware jaringan, sehingga cocok untuk berbagai jenis lingkungan. Ini memberikan fleksibilitas yang besar dalam mengelola jaringan Anda. 

Optimasi Operasional

Membantu Anda mengoptimalkan operasional jaringan untuk meningkatkan efisiensi, mengurangi downtime, dan menghemat biaya. 

Dukungan Terbaik

Allied Telesis dikenal dengan dukungan layanan pelanggan yang berkualitas. Dengan menggunakan Vista Manager EX, Anda memiliki akses ke tim dukungan yang ahli untuk membantu Anda mengatasi masalah dan menjawab pertanyaan. 

Diskusi dengan Tim Expert XDC untuk Tahu Allied Telesis Vista Manager EX Lebih Lanjut

Saatnya dapatkan solusi Vista Manager EX dari Allied Telesis yang aman, agile dan cost effective untuk manajemen jaringan bisnis Anda di XDC. Kami menyediakan garansi 5 tahun secara gratis dan pelayanan real-time 

XDC memiliki tim profesional dan bersertifikasi yang siap membantu Anda melewati setiap proses, mulai dari konsultasi hingga dukungan after sales untuk menjamin keamanan aplikasi dan bisnis Anda. Dapatkan solusi Allied Telesis Vista Manager EX dari XDC sekarang dengan segera hubungi kami di sini.   

Penulis: Ary Adianto 

Content Writer CTI Group 

 

XDC CTI Group

XDCI Jakarta

 Komplek Ketapang Business Center Blok D2-3.
Jl. Kyai H. Zainul Arifin, RT.8/RW.7, Krukut, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11140
 (021) 634 8020
 info@xdc-indonesia.com
 (021) 6386 9428

XDCI Surabaya

 Gedung Graha SA 8th Floor Room 1, JL. Raya Gubeng, No. 19-21, Gubeng, Kec. Gubeng, Kota SBY, Jawa Timur 60281
 (031) 502 0410, (031) 7763 5500
 info@xdc-indonesia.com
 (031) 502 0436

Welcome to PT XDC Indonesia, where a team of responsive profesionals stand ready to meet your information technology needs in this ever-changing business environment. In 2011, PT XDC Indonesia has made a strategic move to strengthen their businesses by joining one of the largest value added IT provider group in Indonesia; PT Computrade Technology International (CTI) While to widen their coverage in the runrate business across Indonesia, in August 2012, PT XDC Indonesia acquired the business unit of PT Paradise Cipta Solusi; one of the biggest master dealer of Lenovo.