+6221 634 8020 info@xdc-indonesia.com

Jaringan Fiber Optic dan Tantangan di Era Industri 4.0

Furukawa, fiber optic, Furukawa electric

Serangkaian pembatasan di tengah pandemi COVID-19 memaksa sebagian besar orang di seluruh dunia untuk tinggal, bekerja, belajar, hingga berbelanja dari rumah. Tidak mengherankan jika tren ini trafik internet di seluruh dunia melonjak tajam, termasuk Indonesia. Laporan Akamai yang berjudul “Indonesia: The Challenge of Monetizing in Fast-Growing Market”, mencatat trafik internet di Indonesia meningkat 73% di kuartal pertama 2020 dan melambung menjadi 139% pada kuartal kedua melonjak 46% dari Q2 2019.

Mengutip data Hootsuit dan We Are Social, Akamai mencatat sekitar 98% pengguna internet di Indonesia menonton video online. Aktivitas online terpopuler kedua yakni menonton streaming siaran tv (50%), disusul game online (46%), live streaming saat orang bermain game (36%), dan menonton pertandingan e-sport (17%).

Tren peningkatan aktivitas online juga turut dipengaruhi oleh semakin membaiknya ketersediaan infrastruktur teknologi informasi dan komunikasi. Untuk mengakomodir hal ini, Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) tengah gencar membangun jaringan fiber optic sepanjang 40 ribu km dari Sabang sampai Merauke.

Sebagai kebutuhan yang sangat vital, jaringan internet yang andal dan mampu menjamin keamanan pengguna, khususnya pelaku usaha. Ketahui lebih lanjut bagaimana solusi fiber optic Furukawa mampu mendukung kinerja bisnis dan organisasi menyambut era industri 4.0 dengan memastikan akses internet andal dan aman.

Fiber Optic sebagai Backbone Industri 4.0

Era industri 4.0 dengan dukungan teknologi baru yang semakin masif, mulai dari cloud computing, Internet of Things (IoT), big data, artficial intelligence, dan machine leraning mendorong efisiensi produksi dan penggunaan sumber daya. Untuk mengakomodir kebutuhan tersebut, dibutuhkan infrastruktur fiber optic untuk memenuhi transformasi digital sekaligus sebagai backbone industri 4.0.

Selain lebih menguntungkan dari sisi produksi, fiber optic memberikan fleksibilitas dan meningkatkan daya saing bisnis. Sebagian besar data yang dihasilkan setiap detiknya yang harus diproses secara real-time menjadi tantangan bagi industri 4.0.

Jaringan fiber optic menjadi kebutuhan ideal sebagai backbone di era industri 4.0 karena menawarkan akses data lebih baik sehingga jaringan menjadi lebih cepat. Selain itu, fiber optic juga tidak menghasilkan gelombang elektromagnetik dengan fisik kabel sangat tipis, fleksibel,  serta kuat, aman, dan ringan sehingga lebih hemat ruang dibandingkan kabel tembaga.

Fiber optic juga mampu mengirimkan data dan informasi dalam jumlah besar, keamanan sinyal lebih baik, kemudahan pemantauan, dan mencegah terjadinya kegagalan akses hingga downtime yang dapat memicu kerugian bisnis. Jaringan fiber optic menjadi solusi ramah lingkungan yang mampu mengurangi konsumsi energi secara drastis, rata-rata antara 40% dan 70%, termasuk meniadakan peralatan khusus, generator, UPS, dan AC dari jaringan. Menyoal performa, fiber optic mode tunggal dapat menjangkau hingga 20 km serta kemudahan untuk mengontrol jaringan dari satu lokasi. Ketersediaan jaringan 5G oleh operator telekomunikasi turut mendorong ledakan jumlah perangkat yang terhubung dengan internet dengan tujuan mengurangi kesenjangan digital di daerah terpencil. Komitmen terhadap infrastruktur fiber optic, terutama di jaringan ethernet kian memperluas kebutuhan akses internet untuk sektor produktif dan pengguna desktop.

Fiber Optic Furukawa untuk Menjawab Tantangan Industri 4.0

Furukawa menawarkan solusi fiber optic untuk memastikan operasional bisnis di era industri 4.0 aman, stabil, dan lancar tanpa kendala. Kebutuhan jaringan infrastruktur optimal untuk mendukung data center menjadi kebutuhan pokok industri 4.0.

Denys de Souza Scheiner, koordinator rekayasa produk dan aplikasi Furukawa, menegaskan penggunaan fiber optic menjadi solusi bagi industri 4.0 karena mampu memberikan latensi yang lebih rendah dan kinerja lebih baik.

Fiber optic mampu menyediakan latensi lebih rendah, beberapa koneksi simultan dan dirancang untuk mentransmisikan kecepatan yang jauh lebih baik,” ucap Scheiner seperti mengutip situs resmi Furukawa.

Furukawa menghadirkan solusi end-to-end bagi kantor pusat hingga end-user, dengan peralatan aktif dan jaringan pasif yang didukung software manajemen berbasis fiber optic. Solusi ini memungkinkan berbagai sektor di era industri 4.0 memiliki dukungan infrastruktur memadai untuk mendorong pertumbuhan bisnis dan menghindari downtime.

Produk Furukawa yang meliputi perangkat konektor, box, adaptor, kabel patch, kabel optik, dan kabel pra-koneksi (siap pasang) akan memenuhi kebutuhan IoT di era industri 4.0. Jenis teknologi ini menghilangkan kebutuhan akan sakelar jaringan akses dan distribusi, yang umumnya menghabiskan banyak energi dan memerlukan infrastruktur dan perawatan khusus. Sertifikasi IP67 membuat fiber optic Furukawa memiliki ketahanan terhadap debu, cipratan hingga tercelup air.

“Rasanya bijak dan pragmatis bagi bisnis di era industri 4.0 untuk mempertimbangkan investasi yang diproyeksikan dalam hal infrastruktur teknologi dan data centeragar bisa mendukung peningkatan eksponensial pada trafik data, khususnya soal kecepatan dan latensi, setidaknya selama 10 hingga 15 tahun ke depan,” ujar Scheiner menambahkan.

Atas alasan ini, penting bagi bisnis dan organisasi untuk menawarkan layanan tanpa gangguan dan mempertimbangkan investasi pada fiber optic demi merespons peningkatan kapasitas saat dibutuhkan.

Dapatkan Fiber Optic Furukawa dari XDC

Untuk memenuhi kebutuhan operasional bisnis yang aman, lancar, dan stabil, Anda perlu dukungan infrastruktur jaringan yang memadai sehingga terhindar dari layanan down. XDC Indonesia sebagai distributor resmi Furukawa menawarkan solusi fiber optic untuk bisnis e-commerce.

XDC memiliki tim profesional dan tersertifikasi yang siap membantu Anda melewati setiap proses, mulai dari konsultasi hingga dukungan after sales untuk menjamin keamanan aplikasi dan bisnis Anda. Dapatkan solusi Furukawa dari XDC sekarang dengan menghubungi kami lebih lanjut di info@xdc-indonesia.com.

XDCI Jakarta

 Komplek Ketapang Business Center Blok D2-3.
Jl. Kyai H. Zainul Arifin, RT.8/RW.7, Krukut, Kec. Taman Sari, Kota Jakarta Barat, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 11140

 (021) 634 8020
 info@xdc-indonesia.com
 (021) 6386 9428

XDCI Surabaya

 Gedung Graha SA 8th Floor Room 1, JL. Raya Gubeng, No. 19-21, Gubeng, Kec. Gubeng, Kota SBY, Jawa Timur 60281
 (031) 502 0410, (031) 7763 5500
 info@xdc-indonesia.com
 (031) 502 0436

Follow us

Welcome to PT XDC Indonesia, where a team of responsive profesionals stand ready to meet your information technology needs in this ever-changing business environment. In 2011, PT XDC Indonesia has made a strategic move to strengthen their businesses by joining one of the largest value added IT provider group in Indonesia; PT Computrade Technology International (CTI) While to widen their coverage in the runrate business across Indonesia, in August 2012, PT XDC Indonesia acquired the business unit of PT Paradise Cipta Solusi; one of the biggest master dealer of Lenovo.